Perilaku konsumen tidaklah berdiri sendiri melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) faktor yaitu faktor intern individu konsumen itu sendiri dan faktor ekstern. Kedua macam faktor ini dapat membentuk faktor lingkungan yang beraneka ragam sifatnya sebagai anggota masyarakat dan masyarakat diantara kelompok masyarakat lain.
Konsumen dari produk-produk pertanian terbagi atas 2 (dua) golongan yaitu konsumen rumah tangga dan konsumen industri (perusahaan), kedua-duanya merupakan faktor yang penting dalam mempengaruhi arus atau lalulintas pemasarannya, bahkan menjadi faktor penentu. Ini berarti kalau konsumennya berkurang atau sedikit maka pemasaran dan produksinya pun langsung akan berkurang, sedang kerugian secara langsung akan pula diderita baik oleh lembaga-lembaga pemasarannya maupun produsen karena produk-produk tersebut akan mengalami kerusakan dengan cepat, berlainan dengan produk-produk industri atau lainnya yang bila tidak mendapatkan permintaan yang baik dapat ditangguhkan pemasarannya, disimpan menunggu saat pemasaran yang baik atau diolah kembali menjadi produk baru (Kartasapoetra, 1992)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar