Kamis, 15 Mei 2008

KAMPUS IDAMAN

Dosen Fisipol Univ. Ekasakti Padang
(by : Sumartono,S.Sos.,M.Si)

Sorotan terhadap dunia kampus memang tidak akan pernah berhenti. Kampus sebagai sarana interaksi ilmiah para civitas akademika senantiasa menyajikan aneka cerita yang menarik dan dinamis. Menarik, karena kampus selalu dihadapkan pada persoalan kualitas mutu lulusan, kualitas pelayanan administrasi, fasilitas yang ditawarkan, dan biaya pendidikan serta kompetensi tenaga pendidiknya. Dinamis, karena kampus tak pernah sunyi oleh aktivitasnya. Kampus tak pernah sepi oleh inovasi-inovasi mahasiswa dan dosen dalam melahirkan karya-karya ilmiahnya.

Sorotan terhadap dunia kampus tidak hanya tertuju pada hal-hal yang bersifat impresif. Dunia kampus akan bersifat multi-interpretasi ketika dihadapkan pada bahasan tentang kampus idaman. Pertanyaannya mengapa kampus idaman bersifat multi-interpretasi. Hal ini disebabkan diskursus tentang kampus idaman sulit menemukan titik temu secara operasionalnya. Masing-masing orang memiliki standar penilaian sendiri. Meskipun demikian jika setiap penilaian terhadap kampus idaman dikumpulkan tetap berujung pada suatu kesimpulan bahwa kampus idaman adalah harapan positif setiap orang terhadap wajah dunia pendidikan tinggi.

Kampus idaman adalah visualisasi abstrak yang teramat sulit bila diaplikasikan secara utuh. Sulit karena kampus idaman merupakan gambaran afeksi yang standar indikatornya masih debatable. Meskipun demikian ibarat manusia, kampus idaman laksana gadis yang cantik atau pemuda yang tampan dan memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga orang takkan jemuh memandangnya.

Ada yang berpendapat bahwa kampus idaman terletak pada fasilitas yang dimiliki sebuah perguruan tinggi (PT) seperti gedung yang megah, fasilitas olah raga yang memadai, laboratorium yang mendukung atau fasilitas umum termasuk toilet yang terawat. Ada juga yang berpendapat bahwa kampus idaman adalah gambaran konkrit dengan ciri pada aspek kualitas tenaga pengajarnya. Semakin banyak tenaga pengajar yang menyandang gelar lulusan pascasarjana maka semakin tinggi gengsi yang dimiliki. Selain itu, tak jarang kampus idaman digambarkan pada kenyataan lingkungan yang asri, biaya kuliah yang murah, atau tersedianya banyak beasiswa.

Apa pun penilaian tentang wujud kampus idaman. Yang pasti aspek pembenahan dan pemeliharaan citra lembaga menjadi kunci merealisasikan kampus idaman. Sebab, kampus idaman yang menjadi harapan setiap orang tidak akan menjadi kenyataan jika tidak ada keinginan untuk mewujudkannya. Kampus idaman bukanlah barang instan yang bisa disulap sekali jadi. Kampus idaman adalah rangkaian panjang yang mesti melibatkan semua sumber daya yang ada. Kampus idaman adalah mimpi yang dapat direalisasikan. Artinya, Kampus idaman bukanlah hayalan yang hanya manis di atas kertas tetapi kampus idaman adalah wujud kepedulian atau aksi nyata pengelola pendidikan yang senantiasa dinantikan dengan penuh harap

Tidak ada komentar:

WELCOME


Tukaran Link Yook !!!!!

http://www.mardikurniawan.blogspot.com

Gabung di Komunitas Bloggger

Visit http://comments-friends.blogspot.com/ for more comments.
Pencarian melalui http://www.google.com
Google

Seberapa beratkah Blogmu ??

Web/Blogmu: Masukkan alamatnya, jika lebih dari 100 KB berarti blogmu loadingnya lama
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
 
(contoh. mardikurniawan.blogspot.com)    
 

Powered by iWEBTOOL