Selasa, 29 Juli 2008

3 Penyebab Grogi Saat Presentasi





Ditulis pada Juli 28, 2008 oleh haqqanijambi
Keberhasilan presentasi bukan hanya dari kesiapan materi dan penampilan luar. Sayangnya, sering kali rasa gugup itu menyerang tanpa diundang. Berikut ini tiga hal yang kerap jadi penyebab munculnya kegugupan.

    1. Pengalaman pertama Solusi: Pengalaman pertama memang selalu membuat gugup. Yang penting, tetap tenang agar materi yang sudah dikuasai tidak menguap. Untuk membantu, pandanglah wajah peserta dengan fokus di antara matanya saat melakukan komunikasi. Bukan menatap langsung ke mata, karena ini bisa membuat Anda makin gugup.

    2. Presentasi di depan profesional/petinggiSolusi: Jangan terlalu sibuk memikirkan bagaimana membuat peserta terkagum-kagum dengan presentasi Anda. Jangan pula bingung menggunakan teknik apa atau harus mengucapkan kata yang mana. Anggap saja Anda hadir untuk berbagi sesuatu, bukan mengajari mereka sesuatu.

    3. Pertanyaan sulitSolusi: Munculnya pertanyaan dari peserta memang tak bisa dihindari. Itu pentingnya Anda menguasai materi. Hindari juga perdebatan panjang yang mudah memancing emosi karena hanya akan membuat Anda semakin grogi.

    Tidak ada komentar:

    WELCOME


    Tukaran Link Yook !!!!!

    http://www.mardikurniawan.blogspot.com

    Gabung di Komunitas Bloggger

    Visit http://comments-friends.blogspot.com/ for more comments.
    Pencarian melalui http://www.google.com
    Google

    Seberapa beratkah Blogmu ??

    Web/Blogmu: Masukkan alamatnya, jika lebih dari 100 KB berarti blogmu loadingnya lama
    Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
     
    (contoh. mardikurniawan.blogspot.com)    
     

    Powered by iWEBTOOL