Kamis, 14 Mei 2009

Permainan Catur

by : http://sukrablog.blogspot.com/

Melihat catur mengingatkan saya akan sebuah hobi di masa bangku sekolah (SD hingga SMA, zaman handphone dan komputer adalah barang super mewah). Saya menjadi jagoan sulit ditaklukan, itulah yang saya rasakan. Tapi hal tersebut telah menjadi kisah lama karena saya sadar sehebat-hebatnya manusia masih ada yang lebih hebat.

Suatu ketika, saya melihat sebuah permainan catur internasional yang menggunakan peraturan sedemikian rupa. Disini saya merasakan banyak pesan yang dapat dijadikan bahan pembelajaran dalam kehidupan manusia.

Di awal pertandingan setiap pemain diberikan materi dan waktu yang sama. Mungkin sulit diimplementasikan dalam kehidupan nyata yang mana ada si kaya dan si miskin. Tapi hal yang pasti setiap manusia memiliki kesempatan yang sama untuk hidup dan waktu yang sama pula yaitu 1 hari dengan 24 jam.

Tujuan utama manusia tentu sebuah keberhasilan yang mana tidak luput dari berbagai macam pengorbanan. Walau seringkali tidak sesuai dengan harapan yaitu sebuah kegagalan (hasil seri sama halnya dengan kegagalan yaitu tidak maksimal), setidaknya jadikan pengorbanan tersebut berharga (membuat anda sulit untuk ditaklukan).

Sebuah keputusan yang diambil tak bisa diulang kembali. Apa yang telah diperbuat menjadi masalah, dan tanggung jawab masing-masing di kemudian hari. Maka jangan berbuat kesalahan dan hati-hatilah karena keputusan akan menentukan masa depan dan penyesalan tak pernah datang duluan.

Berpikir beberapa langkah. Setiap masalah yang dihadapi haruslah diperhitungkan secara matang akan kebaikan dan keburukannya, walau pada kenyataan sering terjadi bahwa hal selanjutnya tidaklah sesuai dengan apa yang dipikirkan atau diharapkan. Contoh yang termudah, sering kali manusia terbuai akan sebuah kenikmatan yang ada di depan mata tapi tidak menyadari jebakan-jebakan yang ada dibelakangnya. Itulah sebabnya mengapa bangsa ini sulit maju karena mereka jarang memikirkan masa depannya. Contoh yang lebih sulit yaitu kehidupan berpolitik yang mana dapat diprediksi tapi hasilnya sering kali melenceng bahkan bertolak belakang.

Pergunakan waktu sebaik mungkin. Manusia sering lupa bahwa waktu terus berjalan dan parahnya sering menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Contoh: hal yang dipelajari "kewajiban dulu baru hak" dan realitanya banyak ditemui orang yang berpegang prinsip "santai dulu kan pekerjaan masih bisa diselesaikan esok". Benar tidak? walau pada kenyataan memang ada orang yang baru bisa menunjukan hasil maksimal ketika waktu terdesak.

"Check Mate".

Anda kalah dalam permainan catur ini karena anda tidak pernah memberikan langkah yang terbaik dalam permainan anda. Konsentrasi dan fokus pada permainan (kehidupan) anda bukan terjebak permainan orang lain.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Tidak ada komentar:

WELCOME


Tukaran Link Yook !!!!!

http://www.mardikurniawan.blogspot.com

Gabung di Komunitas Bloggger

Visit http://comments-friends.blogspot.com/ for more comments.
Pencarian melalui http://www.google.com
Google

Seberapa beratkah Blogmu ??

Web/Blogmu: Masukkan alamatnya, jika lebih dari 100 KB berarti blogmu loadingnya lama
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
 
(contoh. mardikurniawan.blogspot.com)    
 

Powered by iWEBTOOL